Direktorat Pembinaan SMK menjalin kerjasama dengan negara Jerman sejak tahun 2016, khususnya dengan industri yang ada di Jerman. Kerjasama ini juga merupakan salah satu perwujudan untuk menindaklanjuti Inpres No.9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK dalam
rangka peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia
dan dalam rangka penyesuaian kurikulum SMK di Industri, yang
diimplementasikan melalui Kerjasama Peningkatan Kualitas vokasi
Indonesia - Jerman.

Tujuan dari pengiriman tenaga pendidik ke jerman ini tidak lain adalah untuk meningkatkan kualitas SDM tenaga pendidik, mengembangkan interaksi intersocio cultural dan juga untuk menyerap nilai-nilai budaya positif dari negara maju seperti etos kerja dan displin yang tinggi. Beberapa Lembaga yang sudah melakukan kerjasama antara lain :

1. HWK KOBLENZ, difasilitasi oleh KEIN bersama University of Marburg

HWK KOBLENZ merupakan salah satu training center bidang vokasi yang ada di Jerman bekerjasama dengan KEIN (Komite Ekonomi dan Industri Indonesia). Pelatihan yang diselenggarakan di HWK KOBLENZ dilaksanakan pada tahun 2016. Direktorat Pembinaan SMK mengirimkan sebanyak 30 tenaga pendidik/guru khususnya di bidang Konstruksi Beton dan Batu serta Bidang Permesinan/welding. Pelatihan dilakukan selama kurang lebih 45 hari. Pelatihan dilakukan selain Teori didalam Kelas, juga melakukan praktik di industri-industri yang berada di bawah HWK Koblenz.

2. PT. Festo Didactic
Kerjasama yang dijalan dengan PT. Festo terjadi dari tahun 2016 dan 2017, PT. Festo merupakan salah satu industri besar yang tumbuh dan berkembang di Indonesia dengan kantor pusatnya di Stuttgard, Jerman. Festo merupakan perusahaan pemasok teknologi otomasi terkemuka elektronik industri termasuk otomasi industri. Festo juga menyediakan program pelatihan dan pendidikan pada bidang Industri otomasi.

Pada tahun 2016, Direktorat Pembinaan SMK mengirimkan sebanyak 15 orang tenaga pendidik khususnya bidang otomasi industri. Pelatihan dilakukan selama kurang lebih 45 hari yang dilaksanakan di Training Center Festo, di Stuttgard Jerman. peserta pelatihan diseleksi dan dipilih dari SMK seluruh Indonesia.

Tahun 2017, Dit. PSMK melanjutkan kerjasamanya dengan PT. Festo dengan mengirimkan sebanyak 30 tenaga pendidik/guru untuk melakukan pelatihan kembali di Jerman dengan jangka waktu kurang lebih selama 2 bulan. Pelatihan tahun ini lebih difokuskan pada 2 program keahlian yaitu Program Keahlian Teknik Mekatronika dan Elektronika. Proses seleksi yang dilakukan lebih ketat dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu peserta harus melakukan tes secara online melalui website PT. Festo dan tes wawancara bahasa inggris yang dilakukan oleh Direktorat PSMK.



Kontributor:

Thumb admin eksis