Peningkatan kualitas sarpras dan skills guru SMK menuju dunia industri dipilih sebagai tema pengukuhan pengurus MGMP Teknik Mesin Propinsi Jawa Timur dan Kabupaten / Kota Se-Jawa Timur (Sabtu, 9/12/2017). Kegiatan ini berlangsung di aula pertemuan Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Timur.

Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat di lingkungan Kemdikbud, Bapak Saryadi, Kepala Seksi Penyelarasan Kejuruan Subdit Penyelarasan Kejuruan dan Kerjasama Industri Direktorat Pembinaan SMK Kemdikbud. Selain itu hadir pula Bapak Heri Trijono, Kasi Kurikulum Bidang SMK Disdik Jatim.

Kegiatan ini diawali sambutan yang disampaikan Bapak Heri Trijono. Dalam sambutannya, Beliau mengapresiasi pengukuhan MGMP Teknik Mesin Propinsi Jawa Timur yang dilakukan dengan semangat kemandirian. Lebih lanjut, Beliau menjelaskan bahwa revitalisasi SMK tidak hanya meningkatkan kualitas sarana dan prasarana saja, yang terpenting adalah kualitas guru yang bersangkutan. Selain itu, Bapak Heri Trijono menyampaikan bahwa Disdik Jatim telah membagikan bantuan mesin CNC ke sebagian SMK. Menutup sambutannya, pria yang pernah menjadi guru gambar berpesan agar MGMP Teknik Mesin dapat solid.

Pada sambutan kedua, Bapak Saryadi, ST, MBA mengapresiasi semangat guru di Jawa Timur, khususnya SMKN 1 Buduran yang antusias mengikuti program magang. Program magang ini diadakan salah satu perusahaan kosmetika ternama. Bahkan saking antusiasnya, sampai berebutan untuk diikutkan program tersebut. Bahkan beliau menuturkan, ada sebagian guru yang iri dengan temannya yang diberangkatkan program magang.

Sambutan ketiga disampaikan Bapak Nono, Ketua MGMP Teknik Mesin Indonesia (Tekmindo). Beliau menuturkan pengalamannya saat ditegur teman karibnya, Almarhum Ki Ruky. Almarhum Ki Ruky pernah menegurnya, jika guru teknik mesin tidak berubah mengikuti perkembangan zaman maka akan dapat tergerus. Selain itu Bapak Nono menyampaikan bahwa masih adanya kesenjangan antara kebutuhan industri dengan lulusan SMK.

Kegiatan ini ditutup dengan sambutan keempat oleh Bapak Atres selaku Ketua MGMP Teknik Mesin Jatim. Beliau berharap agar wadah MGMP yang sudah terbentuk dapat menjadi ajang silahturahmi sekaligus berbagi antar guru Teknik Mesin se-Jawa Timur. Selain itu pria yang pernah menjadi instruktur CNC di BLPT Surabaya ini menyampaikan informasi adanya program magang bagi 30 guru SMK selama seminggu di PT Dok Perkapalan Surabaya. Peserta program magang bagi guru ini diprioritaskan bagi anggota MGMP Teknik Mesin Jatim.

Kegiatan ini ditutup dengan sesi berfoto bersama Pengurus MGMP Teknik Mesin Jatim baik di tingkat Propinsi maupun Kabupaten dan Kota.

Sumber: Heri Yudianto, Pengurus MGMP Teknik Mesin Jatim



Kontributor:

Thumb img 20170724 070911