#EksisSMK : Kebijakan dan Pedoman


#EksisSMK memiliki sejumlah peraturan dan panduan yang telah membantu kami selama ini untuk mencapai tujuan kita bersama:

Tujuan kami dengan #EksisSMK adalah untuk menyediakan ensiklopedia solusi sistematis yang sesungguhnya, ensiklopedia terbesar dalam sejarah pendidikan kejuruan, dalam arti luas dan kedalamannya. Kami juga menginginkan supaya Eksis dapat menjadi sumber yang terpercaya.

Peraturan di #EksisSMK dapat berubah seiring waktu. Hal tersebut umum terjadi di #EksisSMK bahwa suatu aturan dapat diperdebatkan di halaman diskusinya. Setiap orang dapat berpartisipasi. #EksisSMK mempunyai sedikit aturan dan garis panduan yang diterima umum dan dianggap agak penting, atau perlu, oleh Direktorat Pembinaan SMK dan pesertanya.

Hal ini membantu kita mencapai tujuan kita semua. Amat penting untuk disadari bahwa sebagian aturan bisa berubah karena #EksisSMK masih berkembang dan maju. Sebagian yang lain telah diterima dan tidak dianggap kontrovensial oleh kebanyakan anggota lama #EksisSMK.

Prinsip-Prinsip #EksisSMK


Pada prinsipnya ada tiga proses dasar dalam pelaksanaan #EksisSMK yaitu diantaranya:

  1. Perolehan/Akuisisi Data Pengetahuan.
  2. Proses perolehan ataupun pengembangan aset intelektual, termasuk pemahaman personal, keahlian, pengalaman dan relasi antar data. Dalam proses ini terjadi perekaman data, penyajian data dan penyimpanannya ke dalam database pengetahuan organisasi atau knowledge repository.

  3. Berbagi Data Pengetahuan
  4. Proses menyebarkan dan membuat pengetahuan tersedia untuk berbagai kalangan yang membutuhkan di dalam organisasi penggunanya. Proses berbagi dapat terbentuk melalui proses sosial pada kultur organisasi yang menghargai aktivitas berbagi pengetahuan. Proses tersebut dapat berlangsung secara tradisional melalui diskusi dan kolokium, maupun melalui medium modern dengan berbasiskan teknologi.

  5. Memanfaatkan Data Pengetahuan
  6. Proses penggunaan pengetahuan di dalam organisasi. Termasuk di dalamnya adalah penerapannya dalam pembentukan panduan-panduan kerja berdasarkan pengalaman dan pengetahuan di masa lampau. Dalam proses ini juga terjadi aktivitas pengembangan dan penyempurnaan lebih lanjut dari pengetahuan yang telah didapatkan.

Aturan Kunci #EksisSMK


Anda tidak harus sudah membaca seluruh kebijakan #EksisSMK sebelum berkontribusi. Namun demikian, ada kunci-kunci utama yang penting yang harus Anda ikuti :

  1. #EksisSMK adalah sebuah ensiklopedia solusi sistematis
  2. Ini adalah satu-satunya tujuan kelahiran #EksisSMK, suatu sistem manajemen pengetahuan (Knowledge Management System) secara terstruktur dan sistematis dalam rangka mengembangkan dan menggunakan data pengetahuan (knowledge) tentang SMK.

  3. Hormati pengguna lain
  4. Pengguna yang menyumbangkan artikel atau suntingan datang dari berbagai latar belakang, kebudayaan, bahkan daerah, dan mempunyai pandangan yang berbeda-beda. Dengan saling menghormati, kita dapat bekerjasama membangun ensiklopedia ini. Jangan menulis hal-hal yang bisa mengganggu keharmonisan bersama, dan jangan menulis hal-hal yang menyinggung perasaan dan menyinggung SARA.

  5. Jangan melanggar hak cipta
  6. Pengguna yang menyumbangkan artikel atau suntingan dapat mencatumkan sumber rujukan sebagai bagian menjunjung hak cipta intelektual.

  7. Jauhi Prasangka
  8. Artikel perlu ditulis dari sudut pandang netral, yang berarti artikel patut mewakili pandangan dari sudut berbeda secara adil, proporsional, dan tanpa prasangka. Poin ini juga merupakan hal mendasar yang juga berlaku bagi seluruh proyek #EksisSMK.

  9. Hanya untuk informasi yang dapat diverifikasi
  10. Artikel-artikel #EksisSMK harus berdasarkan sumber-sumber publikasi yang terpercaya, dan sumber-sumber ini harus dituliskan sehingga penyunting lainnya dapat memeriksa artikel-artikel tersebut.

Dokumentasi Bersama #EksisSMK


Dokumentasi-dokumentasi yang telah dan akan ditampilkan pada #EksisSMK adalah dokumen-dokumen milik bersama yang bersifat bebas. Bebas dalam artian bukan milik perseorangan akan tetapi milik masyarakat secara luas.

Anda diperkenankan untuk memasukkan, menghapus atau menyunting informasi jika sumbangan Anda meningkatkan mutu artikel melalui prosedur sistem yang telah ditentukan.